Hewan dan Peranannya
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA
Mata pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X /Semester 2
Standar Kompetensi : 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati.
Kompetensi Dasar : 3.4 Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia hewan dan peranannya bagi kehidupan.
Alokasi Waktu : 2 X 45’
I. Indikator
1. Mengenal ciri-ciri umum animalia.
2. Mengidentifikasi karakteristik berbagai filum anggota kingdom animalia.
3. Mengidentifikasi peran anggota dunia hewan bagi kehidupan
II. Tujuan Pembelajaran
Setelah melakukan kegiatan belajar siswa diharapkan dapat :
1. Menjelaskan ciri-ciri umum kumbang famili Coccinellidae
2. Menjelaskan perbedaan karakteristik kumbang famili Coccinellidae berdasarkan ciri-ciri morfologi kumbang Coccinellidae.
3. Menyajikan data (gambar dan deskripsi) berbagai kumbang Coccinellidae berdasarkan pengamatan.
4. Menjelaskan peranan kumbang Coccinellidae bagi kehidupan.
III. Materi Pelajaran
Morfologi Umum Coccinellidae
Kumbang Coccinellidae atau kumbang koksi mempunyai bentuk badan tertentu seperti diskus, oval (lonjong) sampai bulat, dorsal badan cembung. Badan umumnya kekar dan mengalami pengerasan (sklerotisasi) pada hampir seluruh permukaan badannya. Pada bagian permukaan atas (dorsal) badan kumbang ini berwarna cerah kuning, oranye, kemerahan dengan bercak-bercak hitam, ada pula yang berwarna hitam dan permukaan bawah (ventral) badan rata dan pada umumnya berwarna pucat.
Kumbang koksi berukuran kecil sampai sedang, panjang badan 3-12 mm, hampir bulat atau oval pendek. Salah satu sifat yang jelas dari famili Coccinellidae adalah struktur sayapnya, kebanyakkan kumbang mempunyai empat sayap, dengan pasangan sayap satu garis lurus dibawah pertengahan punggung dan menutupi sayap belakang. Sayap belakang berselaput tipis dan biasanya lebih panjang dari sayap depan dan apabila dalam keadaan istirahat bisanya terlipat di bawah sayap depan. Sayap depan kumbang disebut elitra (tunggal elitron). Elitra secara normal hanya bertindak sebagai selubung pada pelindung. Sayap belakang, umumnya satu-satunya yang dipakai sebagai alat terbang (Gambar 1) .
Gambar 1 . Anatomi kumbang Coccinellidae (Wikipedia, 2010).
Habitat dan Peranan Kumbang Coccinellidae
Kumbang famili Coccinellidae banyak ditemukan di tanaman sayuran yang merupakan habitatnya, terutama di wilayah-wilayah tempat hidup tanaman yang menyediakan makanannya. Perbedaan karakteristik dari distribusi kumbang koksi dipengaruhi oleh topografi, posisi geografi wilayah dan kekayaan floranya. Kumbang koksi dewasa aktif pada pagi dan sore hari sedangkan siang hari biasanya tersembunyi. Beberapa jenis kumbang koksi bersifat fitofagus (hama tanaman) terutama pada tanamanan famili Cuccurbitaceae dan Solanaceae yaitu subfamili Epilachninae. Tanaman yang terserang berwarna coklat muda, tanaman menjadi kerdil atau buahnya menjadi kecil serta meninggalkan jejak yang khas pada daun bekas makanannya karena kumbang koksi tidak memakan tulang daun. Sedangkan subfamili Coccinellinae sebagai predator yang biasa ditemukan pada tanaman yang terdapat kutu daun. Seekor kumbang Coccinellinae dapat memangsa 1.000 ekor kutu daun sepanjang hidupnya .
IV. Metode dan Model Pembelajaran
Metode pembelajaran :
a. Ceramah
b. Observasi (pengamatan di laboratorium)
Model pembelajaran: Inkuiri
V. Langkah-langkah Pembelajaran
A. Pendahuluan (waktu 10’)
1. Presensi
Apersepsi : Disajikan gambar bermacam-macam kumbang Coccinellidae. Siswa ditanya apakah mengetahui jenis kumbang tersebut.
2. Motivasi : Menjelaskan peranan kumbang koksi bagi petani dan ekologi berdasarkan informasi dari wacana hasil penelitian.
3. Menyampaikan kompetensi yang akan di capai.
B. Kegiatan Inti (waktu 70’)
1. Guru menjelaskan bahwa ada ciri-ciri khusus yang membedakan kumbang koksi berkaitan dengan peranannya yaitu antara predator dan hama. Agar siswa paham mengenai perbedaan tersebut, siswa melakukan observasi dengan melakukan pengamatan morfologi kumbang koksi.
2. Penerapan : siswa dibagi dalam kelompok untuk diberi tugas yang telah disusun pada LKS untuk melakukan pengamatan morfologi kumbang koksi dengan langkah-langkah sebagai berikut:
- Guru membagi siswa yang terdiri dari ± 5 orang
- Guru membagi masing-masing kelompok 4 buah awetan kumbang koksi untuk diamati morfologinya.
- Sambil melakukan pengamatan sampel, siswa menggambar dan membuat deskripsi kumbang koksi.
- Siswa menentukan spesiesnya dengan menggunakan kunci determinasi yang terdapat pada wacana hasil penelitian
- Siswa diarahkan agar belajar secara efektif sesuai waktu yang direncanakan.
- Setelah melakukan pengamatan, siswa membuat laporan pengamatan.
C. Penutup (waktu 10’)
1. Menarik kesimpulan pembelajaran
- Siswa menyimpulkan secara tertulis berdasarkan hasil kelompok.
2. Evaluasi kegiatan belajar
VI. Alat dan Sumber Belajar
Alat : Lup, Gunting, jarum pentul.
Bahan : LKS , dan awetan kumbang koksi.
Sumber belajar : - wacana hasil penelitian
- buku pelajaran biologi SMA
Soal instrumen :
1. Tuliskan dua subfamili yang tergolong famili Coccinellidae!
2. Tuliskan perbedaan kedua subfamili tersebut!
3. Tuliskan peranan kumbang koksi dari kedua subfamili Coccinellidae!
Jawaban :
1. Kumbang Famili Coccinellidae memiliki dua subfamili yaitu subfamili Epilachninae dan subfamili Coccinellinae.
2. Perbedaan dari kedua subfamili adalah kumbang subfamili Epilachninae dengan mandibula tanpa gigi basal dan bergerigi banyak pada bagian apeks dan bersifat fitofagus, sedangkan subfamili Coccinellinae mandibulanya dengan gigi basal dan bergerigi dua pada bagian apeks serta bersifat karnivora.
3. Peranannya dapat dilihat dari sifatnya yang fitofagus (Epilachninae) sebagai hama pada tanaman, sedangkan yang karnivora/pemangsa serangga lain (Coccinellinae) dapat berguna sebagai pengendali hayati.
Mengetahui,
Kepala Sekolah X Guru Mata Pelajaran
(..........................)
(.............................)
NIP. NIP.
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda